RSS

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMK :: Membuat Desain Gambar Atap Bangunan ::

05 Des

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah               : SMK Negeri 2 Surakarta
Program Keahlian          : Teknik Gambar Bangunan
Mata Pelajaran               : Menggambar Bangunan Gedung 2 (AutoCAD)
Kelas/Semester              : XI / 3
Standar Kompetensi      : Menggambar Konstruksi Atap
Kode Kompetensi         : 11.1
Pertemuan Ke                : 1 , 2
Alokasi Waktu               : 2 x 45 menit

A.    KOMPETENSI DASAR

11.1. Merancang konstruksi rangka atap (kuda-kuda) dari kayu

B.     INDIKATOR

1.      Dapat menerapkan jenis konstruksi kuda-kuda dari kayu
2.      Dapat menjelaskan elemen / bagian-bagian dari kuda-kuda kayu
3.      Dapat menentukan dimensi elemen konstruksi kuda-kuda kayu

C.    TUJUAN

1.      Siswa dapat menerapkan jenis konstruksi kuda-kuda dari kayu dengan benar
2.      Siswa dapat menyebutkan elemen/bagian-bagian konstruksi kuda-kuda dengan benar
3.      Siswa dapat menentukan dimensi batang kayu pada konstruksi kuda-kuda dengan benar

D.    MATERI STANDAR

1.      Penerapan konstruksi kuda-kuda kayu
2.      Elemen-elemen yang terdapat pada konsruksi kuda-kuda kayu
3.      Dimensi kayu pada konstruksi kuda-kuda

E.     METODE PEMBELAJARAN

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Penugasan

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP PEMBELAJARAN

MEDIA/BAHAN/ SUMBER BELAJAR

Kegiatan Awal ( Pembukaan )Berdoa
Mengabsen
Pertanyaan awal ( pre test )
Kegiatan Inti ( Pembentukan Kompetensi)Menjelaskan macam-macam kuda-kuda dari kayu dan penerapannya
Menjelaskan bagian-bagian / elemen konstruksi kuda-kuda kayu
Menjelaskan dimensi kayu pada kuda-kuda
Buku BSE Teknik Gambar Bangunan Jilid 2 Karangan Suparno
Kegiatan Akhir ( Penutup )Memberi pertanyaan / tugas pada siswa

G.    EVALUASI

Sebutkan bagian-bagian/elemen pada konstruksi kuda-kuda dari kayu beserta dimensinya !

 H.    KUNCI JAWABAN

Bagian-bagian/elemen pada konstruksi kuda-kuda dari kayu, antara lain :

1.      Balok tekan / sekur, ( 6/12),(8/12)
2.      Balok tarik, ( 6/12), (8/12), (8/15)
3.      Kaki kuda-kuda, ( 6/12), (8/12), (8/15)
4.      Balok gapit
5.      Balok penggantung / maklar, ( 6/12),(8/12) (8/15)
6.      Nok / balok bubungan, ( 6/12), (8/12), (8/15)
7.      Penjepit  / begel
8.      Balok pengunci, ( 6/12), (8/12), (8/15)
9.      Balok tembok (mur plat), ( 6/12), (8/12), (8/15)
10.  Gording, ( 6/12), (8/12), (8/15)
11.  Papan bubungan / ruiter, ( 2/20)
12.  Karpus
13.  Tupai-tupai

Surakarta, 4 November 2010

Guru Pengajar

Sintani Fahmi Khasanah, S.Pd.

NIP : —

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah               : SMK Negeri 2 Surakarta
Program Keahlian          : Teknik Gambar Bangunan
Mata Pelajaran               : Menggambar Bangunan Gedung 2 (AutoCAD)
Kelas/Semester              : XI / 3
Standar Kompetensi      : Menggambar Konstruksi Atap
Kode Kompetensi         : 11.2
Pertemuan Ke                : 5 , 6 , 7
Alokasi Waktu               : 3 x 45 menit

A.    KOMPETENSI DASAR

11.2. Menggambar detail sambungan kuda-kuda kayu

B.     INDIKATOR

1.      Dapat menggambar detail sambungan kuda-kuda kayu
2.      Dapat memberi notasi dan keterangan gambar dengan lengkap

C.    TUJUAN

1.      Siswa dapat menggambar detail sambungna kuda-kuda dengan benar
2.      Siswa dapat memberi dimensi kuda-kuda dan keterangan dengan benar

D.    MATERI STANDAR

1.      Gambar detail kuda-kuda dari kayu
2.      Notasi dan ukuran dari kayu

E.     METODE PEMBELAJARAN

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Penugasan
F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP PEMBELAJARAN

MEDIA/BAHAN/ SUMBER BELAJAR

Kegiatan Awal ( Pembukaan )

Berdoa
Mengabsen
Pertanyaan awal ( pre test ) Kegiatan Inti ( Pembentukan Kompetensi)
Menjelaskan cara menggambar detail kuda-kuda dari kayu
Menjelaskan cara memberi notasi dan keterangan gambarBuku BSE Teknik Gambar Bangunan Jilid 2 Karangan SuparnoKegiatan Akhir ( Penutup )Memberi pertanyaan / tugas pada siswa

G.    EVALUASI

Gambarkan konstruksi kuda-kuda dari kayu dengan ukuran kayu 8/12

 H.    KUNCI JAWABAN

Gambar konstruksi kuda-kuda terlampir

Surakarta, 4 November 2010

Guru Pengajar

Sintani Fahmi Khasanah, S.Pd.

NIP : —

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah               : SMK Negeri 2 Surakarta
Program Keahlian          : Teknik Gambar Bangunan
Mata Pelajaran               : Menggambar Bangunan Gedung 2 (AutoCAD)
Kelas/Semester              : XI / 3
Standar Kompetensi      : Menggambar Konstruksi Atap
Kode Kompetensi         : 11.3
Pertemuan Ke                : 16
Alokasi Waktu               : 45 menit

A.    KOMPETENSI DASAR

11.3. Merancang konstruksi rangka atap (kuda-kuda) baja

B.     INDIKATOR

1.      Dapat menerapkan kuda-kuda dari baja pada bangunan
2.      Dapat menyebutkan macam bentuk konstruksi atap dari bahan baja
3.      Dapat menjelaskan macam perkuatan sambungan kuda-kuda baja
4.      Dapat menunjukkan bagian-bagian konstruksi atap bahan baja

C.    TUJUAN

1.      Siswa dapat menerapkan jenis kuda-kuda dari baja pada bangunan dengan benar
2.      Siswa dapat menyebutkan macam bentuk konstruksi kuda-kuda dari baja dengan benar
3.      Siswa dapat menjelaskan macam perkuatan sambungan kuda-kuda baja
4.      Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian konstruksi atap dari baja dengan benar

D.    MATERI STANDAR

1.      Macam-macam bentuk kuda-kuda dari baja
2.      Macam perkuatan sambungan pada konstruksi kuda-kuda baja
3.      Gambar konstruksi kuda-kuda dari baja

E.     METODE PEMBELAJARAN

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Penugasan

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP PEMBELAJARAN

MEDIA/BAHAN/ SUMBER BELAJAR

Kegiatan Awal ( Pembukaan )

Berdoa
Mengabsen
Pertanyaan awal ( pre test ) Kegiatan Inti ( Pembentukan Kompetensi)
Menjelaskan ukuran bentang kuda-kuda baja
Menjelaskan macam bentuk kuda-kuda dari baja
Menjelaskan bagian-bagian konstruksi kuda-kuda dari bajaBuku BSE Teknik Gambar Bangunan Jilid 2 Karangan SuparnoKegiatan Akhir ( Penutup )
Memberi pertanyaan / tugas pada siswa

G.    EVALUASI

  1. Sebutkan macam bentuk konstruksi kuda-kuda baja yang banyak diterapkan pada suatau konstruksi bangunan !
  2. Sebutkan macam alat sambung/perkuatan pada sambungan konstruksi kuda-kuda baja dan sifat sambungannya!

 H.    KUNCI JAWABAN

1.      Bentuk kuda-kuda baja yang banyak dipakai antara lain:

  •  Kuda-kuda Jerman
  • Kuda-kuda Inggris dengan diagonal tarik
  • Kuda-kuda Inggris dengan diagonal tekan
  • Kuda-kuda Belgia
  • Kuda-kuda Poloncean Rangkap
  • Kuda-kuda Poloncean Majemuk
  • Kuda-kuda PolonceanTunggal
  • Kuda-kuda berpetak
  • Kuda-kuda gergaji
  • Kuda-kuda Level

2.      Alat sambung atau perkuatan yang biasanya dipakai pada setiap pertemuan antara batang-batang rangka kuda-kuda baja, yaitu :

–    baut    —————   kurang kaku
–    paku keling ———- cukup kaku
–    las  ——————    kaku sekali

Surakarta, 4 November 2010

Guru Pengajar

Sintani Fahmi Khasanah, S.Pd.

NIP : —

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah               : SMK Negeri 2 Surakarta
Program Keahlian          : Teknik Gambar Bangunan
Mata Pelajaran               : Menggambar Bangunan Gedung 2 (AutoCAD)
Kelas/Semester              : XI / 3
Standar Kompetensi      : Menggambar Konstruksi Atap
Kode Kompetensi         : 11.4
Pertemuan Ke                : 17 , 18
Alokasi Waktu               : 2 x 45 menit

A.    KOMPETENSI DASAR

11.4. Menggambar detail potongan kuda-kuda baja

B.     INDIKATOR

1.         Dapat menggambar detail sambungan kuda-kuda dari baja
2.         Dapat memberi notasi dan dimensi serta keterangan gambar

C.    TUJUAN

1.      Siswa dapat menggambar konstruksi kuda-kuda baja dengan benar
2.      Siswa dapat memberi ukuran konstruksi kuda-kuda baja dengan benar
3.      Siswa dapat menggambar detail sambungan kuda-kuda baja dengan benar

D.    MATERI STANDAR

Gambar konstruksi kuda-kuda dari baja lengkap dengan dimensi dan keteranganE.     METODE PEMBELAJARAN

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Penugasan

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP PEMBELAJARAN

MEDIA/BAHAN/ SUMBER BELAJAR

Kegiatan Awal ( Pembukaan )

Berdoa
Mengabsen
Pertanyaan awal ( pre test ) Kegiatan Inti ( Pembentukan Kompetensi)
Menjelaskan cara menggambar detail kuda-kuda dari baja
Menjelaskan cara memberi notasi dan keterangan gambarBuku BSE Teknik Gambar Bangunan Jilid 2 Karangan SuparnoKegiatan Akhir ( Penutup )
Memberi pertanyaan / tugas pada siswa

G.    EVALUASI

Gambarkan konstruksi kuda-kuda dari baja bentang 15m

 H.    KUNCI JAWABAN

Gambar konstruksi kuda-kuda baja bentang 15m

Surakarta, 4 November 2010

Guru Pengajar

Sintani Fahmi Khasanah, S.Pd.

NIP : —

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah               : SMK Negeri 2 Surakarta
Program Keahlian          : Teknik Gambar Bangunan
Mata Pelajaran               : Menggambar Bangunan Gedung 2 (AutoCAD)
Kelas/Semester              : XI / 3
Standar Kompetensi      : Menggambar Konstruksi Atap
Kode Kompetensi         : 11.5
Pertemuan Ke                : 3 , 4
Alokasi Waktu               : 2 x 45 menit

A.    KOMPETENSI DASAR

11.5. Menggambar konstruksi jurai luar

B.     INDIKATOR

1.      Dapat menggambar konstruksi jurai luar
2.      Dapat memberi dimensi dan keterangan

C.    TUJUAN

1.      Siswa dapat menggambar konstruksi jurai luar
2.      Siswa dapat memberi dimensi dan keterangan

D.    MATERI STANDAR

Gambar konstruksi jurai luar lengkap dengan dimensi dan keterangan

E.     METODE PEMBELAJARAN

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Penugasan

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP PEMBELAJARAN

MEDIA/BAHAN/ SUMBER BELAJAR

Kegiatan Awal ( Pembukaan )

Berdoa
Mengabsen
Pertanyaan awal ( pre test ) Kegiatan Inti ( Pembentukan Kompetensi)
Menjelaskan konstruksi jurai
Menjeaskan cara menggambar konstruksi jurai luar
Menjelaskan cara memberi notasi dan keterangan gambarBuku BSE Teknik Gambar Bangunan Jilid 2 Karangan SuparnoKegiatan Akhir ( Penutup )
Memberi pertanyaan / tugas pada siswa

G.    EVALUASI

Gambarkan konstruksi jurai luar dari kuda-kuda kayu bentang 8m

 H.    KUNCI JAWABAN

Gambar konstruksi jurai luar dari kuda-kuda kayu bentang 8m

Surakarta, 4 November 2010

Guru Pengajar

Sintani Fahmi Khasanah, S.Pd.

NIP : –

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah               : SMK Negeri 2 Surakarta
Program Keahlian          : Teknik Gambar Bangunan
Mata Pelajaran               : Menggambar Bangunan Gedung 2 (AutoCAD)
Kelas/Semester              : XI / 3
Standar Kompetensi      : Menggambar Konstruksi Atap
Kode Kompetensi         : 11.6
Pertemuan Ke                : 8 , 9 , 10
Alokasi Waktu               : 3 x 45 menit

A.    KOMPETENSI DASAR

11.6. Menjelaskan konstruksi atap

B.     INDIKATOR

1.      Dapat menjelaskan macam-macam bentuk atap
2.      Dapat menyebutkan bagian-bagian konstruksi atap
3.      Dapat menentukan kemiringan atap
4.      Dapat menjelaskan persyaratan membuat kostruksi rangka batang pada atap

C.    TUJUAN

1.      Siswa dapat menjelaskan macam-macam bentuk atap
2.      Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian konstruksi atap
3.      Siswa dapat menentukan kemiringan atap dengan benar

D.    MATERI STANDAR

1.      Macam-macam bentuk atap beserta keterangan bagian-bagian/elemen atap
2.      Ukuran kayu yang ada dipasaran
3.      Tabel kemiringan atap

E.     METODE PEMBELAJARAN

Ceramah
Tanya jawab
Penugasan

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP PEMBELAJARAN

MEDIA/BAHAN/ SUMBER BELAJAR

Kegiatan Awal ( Pembukaan )

Berdoa
Mengabsen
Pertanyaan awal ( pre test ) Kegiatan Inti ( Pembentukan Kompetensi)
Menjelaskan macam-macam bentuk atap beserta keterangan bagian-bagian/elemen atap
Menjelaskann ukuran kayu yang ada dipasaran
Menjelaskan kemiringan atapBuku BSE Teknik Gambar Bangunan Jilid 2 Karangan SuparnoKegiatan Akhir ( Penutup )
Memberi pertanyaan / tugas pada siswa

G.    EVALUASI

Sebutkan komponen atap bangunan !

 H.    KUNCI JAWABAN

Komponen dari atap bangunan antara lain :

  1. Kuda-kuda
  2. Balok kasau
  3. Balok reng
  4. Ikatan angin
  5. Ring balok
  6. Dinding
  7. Balok diagonal
  8. Jurai dalam atau jurai luar
  9. Listplang
  10. Talang

Surakarta, 4 November 2010

Guru Pengajar

Sintani Fahmi Khasanah, S.Pd.

NIP :–

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah               : SMK Negeri 2 Surakarta
Program Keahlian          : Teknik Gambar Bangunan
Mata Pelajaran               : Menggambar Bangunan Gedung 2 (AutoCAD)
Kelas/Semester              : XI / 3
Standar Kompetensi      : Menggambar Konstruksi Atap
Kode Kompetensi         : 11.57
Pertemuan Ke                : 11 , 12
Alokasi Waktu               : 2 x 45 menit

A.    KOMPETENSI DASAR

11.7. Menggambar konstruksi penutup atap

B.     INDIKATOR

1.      Dapat menerapkan macam penutup atap
2.      Dapat menyebutkan jenis penutup atap
3.      Dapat menggambar rencana atap dari konstruksi atap kayu

C.    TUJUAN

1.      Siswa dapat menerapkan jenis penutup atap dengan benar
2.      Siswa dapat menyebutkan jenis penutup atap dengan benar
3.      Siswa dapat menggambar rencana atap dari kayu dengan benar
4.      Siswa dapat memberi ukuran kuda-kuda dengan benar

D.    MATERI STANDAR

1.      Macam-macam jenis penutup atap
2.      Gambar rencana atap dari kayu
E.     METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Penugasan

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP PEMBELAJARAN

MEDIA/BAHAN/ SUMBER BELAJAR

Kegiatan Awal ( Pembukaan )

Berdoa
Mengabsen
Pertanyaan awal ( pre test ) Kegiatan Inti ( Pembentukan Kompetensi)
Menjelaskan macam-macam jenis dari kayu
Menjelaskan ukuran kayu yang akan digunakan
Menjelaskan gambar rencana atapBuku BSE Teknik Gambar Bangunan Jilid 2 Karangan SuparnoKegiatan Akhir ( Penutup )Memberi pertanyaan / tugas pada siswa

G.    EVALUASI

Sebutkan macam bahan penutup atap

 H.    KUNCI JAWABAN

Macam bahan penutup atap antara lain :

  1. Atap rumbia
  2. Atap sirap
  3. Atap genting flam
  4. Atap genting pres
  5. Atap genting beton
  6. Atap asbes semen
  7. Atap seng
  8. Atap datar aspal
  9. Atap seng gel khusus

Surakarta, 4 November 2010

Guru Pengajar

Sintani Fahmi Khasanah, S.Pd.

NIP : –

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah               : SMK Negeri 2 Surakarta
Program Keahlian          : Teknik Gambar Bangunan
Mata Pelajaran               : Menggambar Bangunan Gedung 2 (AutoCAD)
Kelas/Semester              : XI / 3
Standar Kompetensi      : Menggambar Konstruksi Atap
Kode Kompetensi         : 11.8
Pertemuan Ke                : 13 , 14 , 15
Alokasi Waktu               : 3 x 45 menit

A.    KOMPETENSI DASAR

11.8. Menggambar konstruksi talang

B.     INDIKATOR

1.      Dapat menerapkan macam konstruksi talang
2.      Dapat menyebutkan bagian-bagian/elemen konstruksi talang
3.      Dapat menggambar konstruksi talang horisontal

C.    TUJUAN

1.      Siswa dapat menerapkan jenis  talang dengan benar
2.      Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian/elemen konstruksi talang
3.      Siswa dapat menggambar konstruksi talang dengan benar
4.      Siswa dapat memberi ukuran ukuran talang dengan benar

D.    MATERI STANDAR

1.         Gambar konstruksi talang horisontal lengkap dengan dimensi dan keterangan

E.     METODE PEMBELAJARAN

Ceramah
Tanya jawab
Penugasan

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP PEMBELAJARAN

MEDIA/BAHAN/ SUMBER BELAJAR

Kegiatan Awal ( Pembukaan )Berdoa
Mengabsen
Pertanyaan awal ( pre test )
Kegiatan Inti ( Pembentukan Kompetensi)Menjelaskan macam-macam konstruksi talang
Menjelaskan gambarkonstruksi talang horisomtal
Buku BSE Teknik Gambar Bangunan Jilid 2 Karangan Suparno
Kegiatan Akhir ( Penutup )Memberi pertanyaan / tugas pada siswa

G.    EVALUASI

Gambarkan konstruksi talang horisontal

 H.    KUNCI JAWABAN

Gambar konstruksi talang horisontal lengkap dengan dimensi, terlampir

Surakarta, 4 November 2010

Guru Pengajar

Sintani Fahmi Khasanah, S.Pd.

NIP : —


 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 5, 2011 in Almari Edukasi

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: